2010/12/28

My Top 10 Memorable Manga !

haihai!

Sesuai judul di atas, saya bakal kasih tau manga apa yang paling memorable saya. Hehehe.
Ah! Buat yang gatau manga itu apa....
Manga (漫画) (baca: man-ga, atau ma-ng-ga) merupakan kata komik dalam bahasa Jepang; di luar Jepang, kata tersebut digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang. (dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)
Kata Mbah Wiki  sih gitu, tapi buat saya manga tuh komik yang punya style sendiri baik dalam cerita maupun artworknya bisa dibilang manga tuh karya seni juga. Dua kriteria sebuah manga bisa disebut bagus (menurut saya), pertama memiliki jalan cerita yang bagus dan sesuai dengan genre, dan kedua enak diliat jadi si mangaka (yang bikin manga) punya artwork yang bagus, ga susah dibaca, sesuai sama jalan ceritanya.

Ini 10 judul komik yang memorable buat saya :) ada yang ceritanya udah tamat ada juga yang masih berlanjut...

1.  Doraemon - Fujiko F. Fujio

"Hold on, Nobita-kun, I'll come rescue you."-Doraemon 

EVERLASTING! Bisa dibilang ini komik trigger saya buat baca manga-manga yang lainnya, Pak Fujio bener-bener jenius melambungkan imajinasi anak-anak dengan si  robot kucing warna biru yang takut tikus - Doraemon. Alat-alat yang ga ada abisnya, kebodohan si nobita dan teman-teman, ditambah bumbu kemustahilan (yah, fiktif dan saya suka :) ) diramu sedemikian rupa dan jadilah masterpiece beliau. Walopun endingnya masih ga jelas (ada beberapa versi) karena keburu si mangakanya meninggal dunia, tapi komik ini wajib baca banget!



2.  Samurai X (Rurouni Kenshin) - Watsuki Nobuhiro

"A sword is a tool to save people with."-Kaoru Kamiya

Yah, saya baca ini komik pas SD dan ada animenya di TV. Samurai misterius yang mengembara entah kemana dan nyasar ke dojonya Kaoru di Tokyo, setelah diketahui dia adalah Battosai Si Pembantai. Aksinya numpas penjahat-penjahat pake pedang bener-bener KEREN!



3.  Detective Conan (Meitantei Conan/Case Closed) - Gosho Aoyama

"There is only one truth. "-Shinichi Kudo

Ga usah ditanya, komik ini SUPER! menyajikan jalan cerita yang complicated tapi bikin penasaran, kasus-kasus yang kayaknya mustahil tapi mungkin, obat yang bikin lebih muda 10taun, dan artwork yang ckckckck...(speechless). Ampe sekarang ini cerita belum ada abisnya, kisah si Shinichi Kudo vs. Organisasi Hitam makin memuncak dan layak buat diikuti.



4.   20th Century Boy & 21st Century Boy- Urasawa Naoki

"Mankind will win"-Kiriko Endoh

Pertama kaliliat di rak buku pas SMP, cuma komen, "apaan nih komik, gambarnya jelek banget." Pas dibaca isinya,"waduh, ga ngerti.". Diliat penerbitnya Level Comics, "wah, ini sih komik dewasa". Niscaya itu komik disimpen lagi di tempatnya dan 4 taun kemudian ga saya lirik-lirik lagi.
Tapi, berkat rekomendasi temen (persuasif sekali), saya akhirnya baca juga itu komik. Di balik gambarnya yang jelek ternyata ceritanya WOW! Pantesan genrenya dewasa, jalan ceritanya juga loncat-loncat ga linier. Urasawa-san keren banget dah bikin ini cerita, kalo pas kecil kita ngayal-ngayal jadi pahlawan yang menaklukan raja kejahatan yang (ingin) menaklukan dunia di komik ini real banget gimana si Kenji ngalahin Teman pake 'gitar'. Sejauh ini  sih karya Urasawa-san yang udah saya baca baru 20th CB dan resolusinya 21st CB yang baru saya baca, rencananya nanti mau baca yang 'Monster'.



5.  Kobochan - Ueda Masashi

"Koboooo, let's plaaaaay!"-Kobo's Friend

Lucu, kocak, sederhana. Itu kata-kta yang ngedeskripsiin manga 4koma ini. Tapi di balik semua itu ceritanya yang 'menarik' dan sukses bikin ketawa. Pak Ueda bisa ngegambarin kehidupan bocah 5taun dengan keluarganya, temen-temennya, bahkan peliharaannya dengan 'menarik'. Anehnya dikit banget ulasan tentang beliau yang muncul di mbah Google, di mbah Wiki juga cuma ada deskripsi seperlunya tanpa foto.



6.  One Piece - Oda Eiichiro

"I've set myself to become the King of the Pirates...and if I die trying...then at least I tried!"-Monkey D. Luffy

Pada masanya, ada sekelompok bajak laut yang berpetualang mencari harta karun peninggalan raja bajak laut yang diseut 'One Piece'. Yay! Cerita petualangan yang dipimpin oleh si bego (tapi keren) Monkey D. Luffy emang keren banget. Perang, perkelahian, komedi, bisa ditemukan dimana-mana, tapi cerita yang ini bikin 3 hal tadi jadi luar biasa. Ampe sekarang cerita si Luffy vs. Pemerintahan Dunia masih berlanjut dan kayanya ampir tamat deh, moga endingnya ga garing.



7.  Prince of Tennis (Tenipuri) - Konomi Takeshi

"Mada, mada dane"-Echizen Ryoma

Entah kenapa saya suka ini komik, pada awalnya sih fine-fina aja, ga ada yang aneh. Menceritakan petenis muda yang pindah dari amrik ke jepang, dan bagaimana dia memenangkan semua pertandingan sampe level interhigh(nasional). Pas jilid berapaa gitu, ke sananya, kok, ceritanya jadi MUSKIL BANGET! Padahal pertandingan single, tapi yang main jadi 2 orang, membelah diri kaya amuba gitu. Atau pukulan yang memiliki momentum tapi ga mantul. Yang paling aneh, tentu saya, pukulan yang ampe keluar api. Keanehannyalah yang bikin ini komik memorable buat saya.



8.  Death Note - Ohba Tsugumi & Obata Takeshi

"No matter how gifted you are, you alone cannot Change the World"-L 

Ini baru komik yang BAGUS! Ceritanya bagus, gambarnya BAGUS. Duet Ohba Obata emang selalu sukses bikin karya yang bagus, tapi DEATH NOTElah masterpiece mereka. Emang sih, ga mungkin ada buku yang bisa bikin orang mati. Tapi battle Light vs. L yang jadi sentral cerita bikin pembaca muter otak, nebak-nebak kelangsungan cerita. Dua kata KEREN BANGET!



9. Ouran High School Host Club - Bisco Hatori

"Welcome to the ouran host club!"-The members of the host club

Cerita tentang gadis miskin yang bergaul dengan sekelompok pria kaya raya emang udah biasa (remember Hana Yori Dango aka Meteor Garden aka Boys Before Flowers?) tapi shoujo manga yang ini keren banget ceritanya. Ceritanya tentang gadis miskin yang bergaul dengan sekelompok pria kaya raya NAMUN si gadis ini mesti nyamar juga jadi pria kaya raya dan ngelayanin nona-nona kaya buat ngebayar hutang dia mecahin guci yang ada di Host Club. Sederhana, love-comedy, nikmatin aja alurnya, ga usah mikir, tapi bikin penasaran (soalnya ampe sekarang belum tamat).



10. Yakitate!! JAPAN - Hashiguchi Takashi

"Delicious!"-Azuma's Granpa

Ceritanya tentang pemuda pemilik tangan matahari yang suka bikin roti dan bercita-cita bikin roti yang Khas Jepang. Kesananya sama kaya Prince of Tennis, tapi paling engga kalo Yakitate!! JAPAN lebih rasional. Lagian banyak gambar roti sama makanannya, kalo ga kuat iman udah dilumat deh itu komik (serius, gambarnya YUM! bangetttt).



漫画! Ga ada matinya, dan kelak akan terus berkembang. Banyak manga yang bagus, dan itu tadi sepuluh memorable yang paling memorable buat saya, kalo kamu?

No comments:

Post a Comment