2010/12/20

BANJIR ! x( x( x(

Gila!
Selama 13 taun nempatin rumah ini, buat pertama kalinya ngalemin yang namanya BANJIR!
Sebenernya sih, daerah saya berada di dataran (cukup) tinggi. Tapi (mungkin) karena banyak kolam, drainase ga sistematis, selokan seadanya (itu juga bejubel sama sampah) walhasil air berhasil masuk ke dapur sama garasi motor.

Shocking banget, pas bangun dari tidur siang si ibu teriak-teriak. "Ada apaan sih?". Setengah sadar, pertanyaan saya kejawab sama air yang udah menggenang di dapur. Oh no!

Dengan penuh perjuangan, berpeluh dan berdarah (lebay :p) kami bertiga ( saya, ibu, sama bapa, si ade belum pulang, masiyan gatau ada dimana) bahu-membahu menghentikan keganasan air yang tingginya udah mencapai 15 cm. Ngepel sana, ngepel sini dan akhirnya air mulei berkurang :)

Kolam di belakang rumah meluap, nyatu sama kolam punya tetangga. Kalo pintu dibuka, serasa lagi naik perahu :D. Ikan di kolam juga pada kabur lewat got :'( gatau akan pergi kemana, moga mereka pulang lagi..... (sebenernya sih saya tau harapan saya ga bakal terkabul soalnya itu ikan-ikan diburu sama tetangga yang lain, yah sudalah biarin aja...)

Dari kejadian ini saya sadar pentingnya buang sampah pada tempatnya sama merencanakan sebelum membangun sesuatu. Coba kalo pembangunan daerah saya ada perencanaan terlebih dahulu, ga asal-asalan bikin rumah-sawah-kolam-kandang, whatever. Pasti bisa meminimalisir dampak-dampak dari hujan deres ga berkesudahan. Coba kalo masyarakat di daerah saya sadar pentingnya buang sampah pada tempatnya, pasti got-got bisa nganterin air ke muara sasuai jalurnya, ga meluap kaya gini.

Tapi ga ada gunanya kita nyesel terus-terusan bilang 'coba kalo...', kita butuh action. Dimulai dari diri kita, apa yang bisa kita lakukan ya lakuin aja. Kelak saya mau nyoba daftar ke arsitektur, bukan cuma karena arsitek mimpi saya dari kecil, tapi saya pingin ngedesign lingkungan yang sehat dan berbiaya hidup murah, jadi siapa aja bisa tinggal di sana. Bukan cuma buat warga perkotaan aja, justru saya pingin menyokong pembangunan di pedesaan. Biar taraf hidup petani makin meningkat. Soalnya saya sadar, Indonesia yang kita tinggali merupakan negara agraris, petani yang merupakan 'pahlawan agraris' (lebay :p) membutuhkan lingkungan yang bisa mendukung produktifitas hasil pertanian. Supaya Indonesia ga usah impor-impor beras lagi gitu. Lagian, kasian kan kalo orang-orang yang idupnya di pedesaan harus ngalamin banjir atau tanah longsor, bukan karena apa-apa tapi karena ketidaktauhan mereka tentang lingkungan (kok, dejavu ya?).Dengan segala problematika yang udah ada,moga cita-cita saya kecapai deh, amin :)

Ujannya udah mengecil, airnya juga ga 'ganas' lagi. Moga semuanya cepet selesai. Huft.

No comments:

Post a Comment