2011/01/31

Flu

Argh! Sialan! Akhirnya saya tumbang juga kalo kena penyakit. Yah, jatah dari Allah kaya gini ya mau gimana lagi? Akhirnya hari senin ini saya ga pergi ke sekolah, di rumah sendirian, terkurung oleh acara tv yang ga asik, dan temen ngobrol saya cuma : Laptop dan diri saya sendiri (?)


Saya sadar, selama ini ga pernah peduli sama kondisi badan. Pulang les malem terus, walhasil terus-terusan kena angin malam. Pola makan juga ga teratur, kadang makan kadang engga. Kualitas tidur nurun lagi. Ah, banyak banget hal yang bikin saya rentan kena penyakit deh.


Sudalah, keluh-kesahnya ditinggalkan dulu. Karena sudah terlanjur kena FLU, kita pelajari lebih lanjut apa itu FLU.


Kata Om Wiki:
Influenza, commonly referred to as the flu, is an infectious disease caused by RNA viruses of the family Orthomyxoviridae (the influenza viruses), that affects birds and mammals. The most common symptoms of the disease are chillsfeversore throatmuscle pains, severeheadachecoughing, weakness/fatigue and general discomfort.[1] Although it is often confused with other influenza-like illnesses, especially the common cold, influenza is a more severe disease than the common cold and is caused by a different type of virus.[2] Influenza may produce nausea and vomiting, particularly in children,[1] but these symptoms are more common in the unrelated gastroenteritis, which is sometimes called "stomach flu" or "24-hour flu"
Oh ga ngerti? Hadooh, pokoknya flu tuh bikin HATCHI! HATCHI! Meler deh...


Influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan, termasuk hidung, tenggorokan, cabang tenggorokan dan paru-paru. Jika terkena flu, kita akan merasa tidak enak badan untuk beberapa hari, tapi kita mungkin tidak akan mengalami komplikasi dengan penyakit lain atau kita bisa saja membutuhkan perawatan rumah sakit. Kalo kita memiliki sistem imun yang lemah atau penyakit kronis, flu dapat menjadi fatal. Untuk mereka dengan risiko tinggi flu, maka pertahanan pertama adalah dengan suntikan/vaksin flu tahunan.


Sebenernya, asal kata 'Influenza' berasal dari Italia yang diturunkan dari kata Latin abad pertengahan, yakni influentia, yang mempunyai arti “mengalir ke dalam”.


Ah, buat pencegahannya
  1. Pake vaksin influenza setiap tahun.
  2. Cuci tangan sebelum makan, setelah makan, dan habis memegang fasilitas umum.
  3. Makan secara BENAR dan TERATUR.
  4. Olahraga teratur.
  5. Hindari kerumuman orang pas musim flu, rentan banget nih tempat-tempat kaya begini.
Kalo udah terlanjur gimana, dong?
Ya, karena saya bukan tukang obat yang hobi mempromosikan dagangannya. Obat dari saya mungkin bisa didapatkan semua orang, yaitu Sup Ayam panas dan banyak-banyakin tidur.

Yaudah, segitu aja curhatan saya. Moga ada manfaatnya. Saya mau ngelanjutin tidur dulu ya, dadah~

No comments:

Post a Comment